Simak Cara Pendaftaran LPDP 2023 Agar Tidak Keliru!

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dari Kementerian Keuangan tahun ini kembali membuka pendaftaran beasiswa pendidikan pascasarjana (program magister dan doktor). Pendaftaran beasiswa LPDP 2023 resmi dibuka hari ini, Rabu (25/1/2023).

Mengacu pada jadwal, pendaftaran itu bakal berakhir hingga 25 Februari 2023. Saat ini, setiap warga negara Indonesia yang ingin melanjutkan studi pascasarjana dan memenuhi syarat sudah bisa mulai melakukan pendaftaran beasiswa LPDP 2023.

Di beasiswa LPDP 2023, setidaknya terdapat tiga program atau jalur pendaftaran beasiswa yang dapat dipilih. Tiga program beasiswa LPDP 2023 itu terdiri dari program Umum, program Targeted (khusus untuk profesi tertentu), dan program Afirmasi.

Sama seperti tahun sebelumnya, pendaftaran beasiswa LPDP 2023 juga dilaksanakan secara daring via situs beasiswalpdp.kemenkeu.go.id. Bila berminat buat ikut, sebaiknya simak dulu syarat pendaftaran beasiswa LPDP 2023 di bawah ini.

Syarat pendaftaran beasiswa LPDP 2023 secara umum
Warga Negara Indonesia
Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa doktor, atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor
Bagi pendaftar dari diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor wajib memenuhi ketentuan sebagai berikut:
Memiliki LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi tujuan, dan
Memenuhi seluruh kriteria sebagai pendaftar program beasiswa Doktor (S3).
Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan pendaftar yang telah menyelesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor.
Bagi pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri pada jenjang pendidikan sebelumnya, wajib melampirkan:
hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui laman https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/
tangkapan layar ajuan penyetaraan ijazah dan konversi IPK pada laman Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengenai penyetaraan ijazah dan konversi IPK bagi pendaftar yang penyetaraan ijazah dan/atau konversi IPKnya belum terbit
Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister ataupun doktor baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri.
Tidak sedang mendaftar, akan menerima, atau menerima beasiswa dari sumber lain yang berpotensi double funding selama menjadi penerima beasiswa LPDP.
Pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional dengan waktu mulai studi yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP maka wajib melampirkan surat keterangan penundaan jadwal perkuliahan program studi dari Perguruan Tinggi yang diunggah bersamaan dengan LoA Unconditional
Melampirkan surat rekomendasi sesuai dengan persyaratan masing-masing program.
Memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP.
Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan persyaratan Bahasa sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pada masing-masing program beasiswa.
Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler atau kelas yang ditetapkan oleh LPDP
Menyetujui surat pernyataan yang telah disediakan pada aplikasi pendaftaran beasiswa LPDP.
Menulis profil diri termasuk riwayat pendidikan yang tidak diselesaikan pada aplikasi pendaftaran.
Menulis komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia.
Menulis Proposal Penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor.
Jika pendaftar memiliki publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi maka pendaftar mengisi riwayat publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan/non kejuaraan, dan pengalaman organisasi pada aplikasi pendaftaran.
Itulah syarat pendaftaran beasiswa LPDP 2023 yang harus dipahami dan disiapkan oleh peserta. Untuk diketahui, syarat pendaftaran beasiswa LPDP 2023 yang tertera di atas merupakan syarat umum.

Baca Juga :  Cara Mudah Trading Forex di Ponsel Android dengan Aplikasi MT4

Setiap program beasiswa LPDP 2023 yang tersedia memiliki syarat khusus yang berbeda-beda. Syarat pendaftaran beasiswa LPDP 2023 khusus untuk program Umum, Targeted, dan Afirmasi bisa dibaca lebih lanjut di tautan ini.

Dikutip dari dokumen panduan teknis pendaftaran beasiswa LPDP 2023, setelah memahami dan menyiapkan syarat-syaratnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara daftar beasiswa LPDP 2023 secara online di beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.

Cara daftar beasiswa LPDP 2023 di beasiswalpdp.kemenkeu.go.id
Kunjungi link pendaftaran beasiswa LPDP 2023 ini https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.
Kemudian, klik opsi “Masuk” pada bagian “Beasiswa LPDP”.
Lalu, pilih opsi “Buat akun di sini” untuk mulai membuat akun beasiswa LPDP.
Registrasi akun dilakukan dengan mengisi beberapa data diri, seperti nama lengkap, NIK, alamat e-mail, mengunggah pasffoto (4×6), dan lainnya.
Setelah mengisi data diri, klik opsi “Buat akun” dan tautan verifikasi akun bakal dikirim ke alamat e-mail yang didaftarkan tadi. Klik tautan tersebut untuk memverifikasi akun.
Bila akun telah terverifikasi, silakan login kembali di beasiswalpdp.kemenkeu.go.id.
Setelah berhasil login kembali, lengkapi data diri dengan memasukkan riwayat pendidikan dan latar belakang keluarga peserta.
Bila data telah terisi semua, silakan klik menu “Beasiswa” dan pilih opsi “Daftar Beasiswa”.
Kemudian, pilih program beasiswa LPDP 2023 yang hendak diikuti dan klik opsi “Daftar”.
Setelah itu, mengisi formulir pendaftaran sesuai dengan data yang diminta dan mengunggah semua dokumen yang jadi syarat pendaftaran.
Jika formulir pendaftaran dan dokumen telah dilengkapi dengan benar, peserta bakal bisa melihat ringkasannya.
Sebelum ringkasan formulir pendaftaran dikirim, peserta wajib menandatangani atau menyetujui Surat Pernyataan Beasiswa Pendidikan indonesia.
Selesai melakukan pendaftaran, terdapat beberapa proses seleksi yang bakal dilewati peserta sebelum ditetapkan sebagai penerima beasiswa LPDP 2023. Rangkaian proses itu bisa dilihat pada jadwal seleksi beasiswa LPDP 2023 yang tertera di bawah ini.

Jadwal seleksi beasiswa LPDP 2023
Pendaftaran beasiswa: 25 Januari – 25 Februari 2023
Seleksi administrasi: 27 Februari 2023
Pengumuman hasil seleksi administrasi: 14 Maret 2023
Seleksi bakat skolastik: 27 Maret 2023
Pengumuman hasil seleksi bakat skolastik: 5 April 2023
Seleksi substansi: 10 April – 31 Mei 2023
Pengumuman hasil seleksi substansi: 8 Juni 2023

Beasiswa LPDP 2023 ini diberlakukan paling cepat untuk perkuliahan pada Juli mendatang. Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara daftar beasiswa LPDP 2023 dan jadwal seleksinya, semoga bermanfaat.