Performa Manchester United Dinilai Merosot Karena Wout Weghorst

Manchester United belum mengklaim pembayaran starter pinjaman Wout Weghorst. Performa MU sebenarnya menurun sejak pemain asal Belanda itu mulai bermain pada pertengahan Januari 2023.

MU menandatangani Weghorst dengan status pinjaman dari Burnley pada 14 Januari 2023. Setan Merah menyewa Wegerst hanya selama enam bulan untuk mengisi kekosongan setelah memecat Cristiano Ronaldo.

Weghorst terpaksa direkrut MU karena mereka tidak bisa membeli striker mahal di bursa transfer Januari 2023. MU cuma bisa belanja ‘receh’ di awal tahun ini karena sedang dalam proses pergantian pemilik klub.

Untuk meminjam Weghorst, jalan yang dihadapi MU cukup terjal. Pasalnya pemain 30 tahun itu sudah dipinjamkan Burnley ke klub Turki Besiktas selama setahun sejak musim panas 2022 lalu.

Besiktas sempat tidak mau mempercepat masa peminjaman Weghorst. MU kabarnya sampai memberikan uang kompensasi sekitar 2,5 juta poundsterling demi memuluskan kepindahan Weghorst.

Manajer MU Erik ten Hag langsung memainkan Weghorst sebagai starter saat MU melawan Crystal Palace di lanjutan Liga Inggris pada 18 Januari 2023. Weghorst turun selama 69 menit dan gagal menyumbang gol.

Pertandingan juga gagal dimenangkan Manchester United. Sempat unggul berkat gol Bruno Fernandes, Setan Merah dipaksa bermain imbang 1-1 setelah Michael Olise mencetak gol di detik akhir pertandingan.

Bikin MU Merosot

Meski mandul di laga debut, Ten Hag kembali mempercayai Weghorst main sejak menit awal ketika MU melakoni laga super penting melawan pemuncak klasemen Arsenal.

Eks pemain AZ Alkmar itu main selama 90 menit. Lagi-lagi Weghorst tak bisa membuat gol. Kali ini hasil akhir malah lebih buruk. MU kalah 2-3 dari Meriam London yang kembali berkat gol di menit akhir.

Baca Juga :  Link Download Aplikasi Pembobol Wifi Terkunci dan Mudah Digunakan

Justru kehadiran Weghorst malah menghambat laju MU. Sebelum Weghorst datang, The Red Devils sedang moncer. Mereka meraih sembilan kemenangan beruntun di berbagai ajang atau tujuh kali menang usai mendepak Cristiano Ronaldo.

Kesulitan di Liga Inggris
MU bahkan bisa menang dramatis 2-1 atas juara bertahan Manchester City setelah sempat tertinggal terlebih dulu. Dengan hadirnya Weghorst, MU malah cuma bisa meraih satu poin saja dari dua laga di Liga Inggris.

Mandulnya Weghorst tidaklah mengejutkan. Dia memang memiliki catatan negatif di Liga Inggris. Weghorst hanya bisa membuat dua gol dari 20 penampilan di Liga Inggris.

Saat resmi diperkenalkan sebagai pemain MU, Weghorst sudah bertekad untuk tak mengulangi kesalahan yang sama seperti ketika membela Burnley.

“Bagi saya, itu belum selesai. Pertama kali tidak berhasil seperti yang saya harapkan dan saya sangat lapar untuk menunjukkan diri saya, untuk membantu tim. Tentu saja, saya ingin mencetak gol di sini. Saya seorang striker dan saya pikir setiap striker mengetahuinya – Anda hidup untuk mencetak gol,” tutur Weghorst.

Bersinar di Turki dan Qatar

MU sendiri tertarik pada Weghorst usai bersinar di Besiktas dan timnas Belanda pada Piala Dunia 2022. Weghorst membuat delapan gol dari 16 laga bersama Besiktas di Liga Turki.

Pada putaran final Piala Dunia 2022, Weghorst membuat heboh ketika mencetak dua gol ke gawang Argentina di babak perempat final. Weghorst membuyarkan keunggulan dua gol Argentina sehingga laga dilanjutkan hingga adu penalti. Dua gol Weghorst ini hampir membuat Lionel Messi menangis. Namun Belanda akhirnya kalah di adu penalti.