Penampakan Xiaomi 13 Lite Yang Segera Di Rilis

Seri Xiaomi 13 resmi dirilis pada akhir tahun 2022. Dua Xiaomi 13 telah diperkenalkan, Xiaomi 13 “biasa” dan Xiaomi 13 Pro.

Kabar terbaru, Xiaomi tampaknya sedang mempersiapkan anggota baru dari keluarga seri Xiaomi 13 yakni Xiaomi 13 Lite.

Seperti namanya, anggota keluarga baru Xiaomi 13 ini disebut-sebut memiliki banderol harga lebih rendah dan hadir dengan spesifikasi ‘lebih ringan’ atau lebih rendah dari kedua saudaranya.

Ponsel pintar itu muncul di halaman Google Play Developer Console. Di laman Google Play Console memang tidak secara gamblang menuliskan bahwa perangkat tersebut adalah Xiaomi 13 Lite, hanya saja ponsel pintar itu diberi kode nama “Ziyi” (Xiaomi Ziyi).

Dugaan bahwa perangkat tersebut bernama Xiaomi 13 Lite semakin diperkuat karena disamping nama kode, tertulis “Xiaomi 13 Lite”. Di bawah nama kode perangkat, juga terdapat foto sampel dari perangkat Xiaomi 13 Lite.

Gambar tersebut menampilkan layar depan ponsel yang memiliki punch hole di bagian tengah atas. serta mengusung model layar melengkung (curved display). Sedangkan, di sisi punggungnya terlihat ada modul kamera berbentuk persegi panjang di kiri atas cangkang.

Desain yang diusung cukup mirip dengan Xiaomi Civi 1S yang dirilis pada April 2022 lalu.

Dari halaman Google Play Developer Console itu Xiaomi 13 Lite diketahui mengusung layar Full HD Plus dengan resolusi 2.400 x 1.080 piksel dan kerapatan piksel mencapai 440 PPI.

Di sektor dapur pacunya, tidak dirincikan chipset apa yang bakal mentenagai perangkat. Namun, tertulis Xiaomi 13 Lite bakalan mengandalkan chipset berkode “QTI SM7450”. Chipset tersebut terbagi menjadi kedua klaster.

Klaster pertama terdiri dari empat inti Qualcomm Kryo 770 dengan kecepatan clock 2,4GHz, sedangkan klaster kedua diisi oleh empat inti Kyro 770 dengan clockspeed 1,8Ghz.

Baca Juga :  Jisung NCT Ingin Memakai Piercing Saat Rayakan Ultah Ke-21

Sementara untuk pengolah grafisnya mengandalkan Adreno 644. Nah, dari spesifikasi chipset di atas, perangkat diduga kuat akan ditenagai oleh chipset besutan Qualcomm, Snapdragon 7 Gen 1.

Dalam laporan yang sama, chipset tertulis bakal dipadukan dengan RAM sekitar 8 GB. Untuk sektor sofware, sistem operasi yang dijalankan adalah Android 12.

pabrikan China tersebut agaknya juga menyiapkan Xiaomi 13 versi murah yang diberi embel-embel “Lite”. Xiaomi 13 Lite yang saat ini masih pakai nama kode “Ziyi” muncul di Google Play Console, yakni platform khusus para pengembang aplikasi Android.

Selain wujud Xiaomi 13 Lite, spesifikasi teknisnya pun bisa dilihat. HP premium versi murah ini menggunakan chipset Snapdragon 7 Gen 1 dari Qualcomm, dipadankan dengan GPU Adreno 644.

Informasi terkait Xiaomi 13 Lite memang masih sangat minim, sehingga belum dapat diketahui keunggulan apa yang dihadirkan perangkat bikinan Xiaomi ini.

Misalnya, belum diketahui spesifikasi dari jenis layar yang digunakan, kamera, baterai, fitur unggulan, varian warna yang dihadirkan, dan sebagainya.

Mengingat pihak perusahaan juga belum mengungkap kehadiran Xiaomi 13 Lite secara publik, kemungkinan besar masih akan ada perubahan lain, khususnya spesifikasi perangkat di masa mendatang.