Optimisme Pasangan Ganda Fajar/Rian Di Malaysia Open 2023

Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi satu-satunya timnas Indonesia yang melaju ke babak final Malaysia Open 2023. Kunci kemenangan pasangan Hwajri atas Kang Min-hyuk/Seo Seung adalah apa yang mereka pelajari dari pengalaman konferensi tahun lalu.

Pada pertemuan perdana yang terjadi dalam Korea Open 2022, Fajar/Rian kalah. Namun kini mereka sukses membalas dan melaju ke babak final turnamen berkategori BWF Super 1000 di Kuala Lumpur itu.

“Kami sebelumnya sudah mempelajari permainan lawan dan faktor kekalahan kami di pertemuan sebelumnya. Semalam pun menonton video dan juga mengulang video siang tadi. Juga diskusi dengan pelatih,” kata Fajar dalam pesan resmi PP PBSI di Jakarta, Sabtu (14/1).

Pasangan peringkat satu dunia itu juga mengaku sudah mampu beradaptasi dengan kondisi lapangan, dan merasa semakin hari permainan mereka semakin nyaman.

“Hari ini kami bermain jauh lebih baik dibanding laga-laga sebelumnya. Kami sudah bisa beradaptasi lebih baik dengan lapangan. Kami kurang-lebih sudah lebih tahu soal kondisi angin di lapangan,” ungkap Rian.

Fajar/Rian menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang melaju ke babak final Malaysia Open 2023 berkat kemampuan mereka lepas dari tekanan lawan yang sempat unggul pada awal pertandingan.

Duo Indonesia sempat tak berkutik pada game pertama, tertinggal 5-8 pada interval awal dan baru menyusul pada interval kedua pada kedudukan 16-15 lewat perolehan tiga poin beruntun.

Setelah nyaman dengan pola sendiri, Fajar/Rian pun tancap gas untuk membungkam serangan pasangan asal Korsel yang sudah mulai monoton tersebut. Mereka memenangi pertandingan semifinal dua game langsung 21-18, 21-17.

“Hari ini kami bermain lebih baik dibanding pertandingan kemarin. Tadi di game pertama kami sempat tertinggal, tetapi kami bermain lebih fokus, lebih tenang, dan akhirnya menang dua game,” tandas Rian.

Baca Juga :  Prediksi Jelang Laga Everton Vs Arsenal

Namun, Fajar/Rian mampu menyamakan skor kedudukan 16-16. Hal itu menjadi pemantik semangat bagi pasangan Indonesia untuk mengontrol permainan hingga akhirnya mampu menutup gim pertama dengan skor 21-18.

Pertarungan sengit berlanjut di gim kedua. Namun Fajar/Rian mampu menaklukan pertandingan tersebut hingga berhasil dalam menutup kemenangan dengan skor 21-17.

Sebagai informasi, Fajar/Rian jadi satu-satunya wakil Indonesia di final Malaysia Open 2023. Sebelumnya, dua wakil Indonesia Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja yang dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia terhenti di semifinal.

Selanjutnya, Fajar/Rian akan berhadapan dengan pasangan ganda China, Liang Wei Keng/Wang Chang. Keduanya pasangan ini sudah dua kali bertemu dan berakhir dengan skor 1-1.

Para pecinta olahraga dapat menyaksikan duel Fajar/Rian melawan Keng/Chang pada partai terakhir final Malaysia Open 2023 yang akan digelar di Axiata Arena, Minggu (15/1). Partai pertama akan dimainkan mulai pukul 13.00 WIB dan diperkirakan Fajar/Rian akan bertanding pukul 17.00 WIB.

Fajar/Rian menjadi satu-satunya wakil Indonesia di final Malaysia Open 2023. Berstatus sebagai unggulan ketiga, Fajar/Rian akan memenuhi tantangan pasangan China Liang Wei Keng/Wang Chang.

Pertarungan itu akan menjadi pertemuan ketiga kedua pasangan, yang semuanya terjadi di 2022. Head to head mereka sama kuat 1-1; Fajar/Rian mengalahkan Liang/Wang di final Indonesia Masters, setelahnya mereka kalah di perempatfinal Japan Open dalam duel tiga gim.