Beberapa Fakta Kalahnya Fajar/Rian Di India Open 2023

Lagu Indonesia Raya dipastikan tidak akan berkumandang di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi, lantaran tidak ada wakil Merah Putih yang berlaga di partai final. Berikut lima fakta final India Open tanpa wakil Indonesia.
Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal melewati adangan lawan pada laga semifinal, Sabtu (21/1) malam.

Kans Indonesia meraih sukses di turnamen level Super 750 pertama tahun ini pupus setelah Ginting kalah dari Kunlavut Vitidsarn, Jonatan dikalahkan Viktor Axelsen, dan Fajar/Rian dihentikan Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Berikut lima fakta final India Open tanpa wakil Indonesia:

1. Greysia Polii/Apriyani Rahayu menjadi wakil terakhir dari Indonesia yang meraih gelar juara di India Open. Pasangan ganda putri itu menjadi kampiun pada 2018 dan 2019.

2. Kali terakhir wakil Indonesia tampil di final India Open adalah pada 2022 ketika Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menghadapi wakil tuan rumah Satwiksairaj Rankiredy/Chirag Shetty.

3. Dalam BWF World Tour 2023, baru kali ini Indonesia gagal menampilkan wakil di final. India Open merupakan rangkaian kejuaraan BWF World Tour kedua pada 2023.

Pada ajang BWF World Tour pertama yang berlangsung pekan lalu di Malaysia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi wakil Indonesia di final dan meraih gelar juara.

4. Kali terakhir final India Open tanpa wakil Indonesia adalah pada 2015.

5. Tahun ini sama seperti delapan tahun lalu, tidak ada bendera Indonesia di final setelah tiga wakil tersisa Merah Putih kandas di semifinal.

Kemenangan tersebut tidak hanya membuahkan tiket final Indoor Open 2023 bagi Aaron/Soh.

Dengan kemenangan itu, Aaron/Soh kini unggul head-to-head 4-3 atas Fajar/Rian.

“Kami percaya pada diri kami sendiri (untuk membalikkan keadaan setelah kalah pada gim pertama),” imbuh Aaron.

Baca Juga :  Forex Factory Bahasa Indonesia

Aaron Chia/Soh Wooi Yik kini menjadi satu-satunya wakil Malaysia di final Malaysia Open 2023.

Sementara itu, dengan kekalahan Fajar/Rian, Indonesia dipastikan tanpa wakil pada partai puncak turnamen BWF World Tour Super 750 tersebut.

Adapun pada laga final, Aaron/Soh yang menjadi unggulan ketiga akan melawan ganda putra China, Liang Wei Keng/Wang Chang.

Rangkaian pertandingan final India Open 2023 akan digelar pada hari ini, Minggu (22/1/2023), mulai pukul 13.30 WIB.

Indonesia gagal meloloskan wakil ke puncak turnamen bulu tangkis kelas Super 750 ini. Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sama-sama tersingkir di babak semifinal.

Cina dan Jepang menguasai partai final India Open 2023 dengan mengirim tiga wakil di tiga sektor berbeda. Selain mendominasi jumlah finalis, Cina dan Jepang juga menciptakan final ideal yang mempertemukan unggulan kesatu dan kedua di ganda putri.

Ganda putri nomor satu dunia, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, akan berhadapan dengan Nami Matsuyama/Chiharu Shida. Final ideal juga tercipta di sektor tunggal putri yang mempertemukan unggulan kesatu, Akane Yamaguchi (Jepang), versus An Se-young (Korea Selatan) sebagai unggulan kedua.

Pertandingan final India Open 2023 akan dimulai pada pukul 12.00 waktu setempat atau sekitar pukul 13.30 WIB.

Jadwal final bulu tangkis India Open 2023:

Ganda campuran:
Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang/3) vs Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (Cina/4)

Tunggal putri:
Akane Yamaguchi (Jepang/1) vs An Se-young (Korea Selatan/2)

Ganda putri:
Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (Cina/1) vs Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang/2)

Ganda putra:
Liang Wei Keng/Wang Chang (Cina) vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia/3)

Tunggal putra:
Viktor Axelsen (Denmark/1) vs Kunlavut Vitidsarn (Thailand/8).